Selasa, 06 November 2012

CEDERA DALAM OLAHRAGA


A.      Sprain ( terkilir )
Keseleo pergelangan kaki adalah umum cedera olahraga tetapi juga terjadi selama kegiatan sehari-hari. Sebuah gerakan memilin tidak wajar dari sendi pergelangan kaki dapat terjadi ketika kaki ditanam canggung, ketika tanah tidak merata, atau bila jumlah yang tidak biasa kekuatan diterapkan pada sendi.
 Ligamen menyediakan koneksi antara tulang. Terkilir adalah cedera pada ligamen. Pergelangan kaki memiliki tulang banyak yang datang bersama untuk membentuk sendi, sehingga memiliki ligamen banyak memegang bersama-sama. Stres pada ligamen ini dapat menyebabkan mereka untuk meregangkan atau merobek. Ligamentum paling sering adalah cedera ligamen anterior talofibular yang menghubungkan bagian depan fibula pada tulang talus pada bagian depan-luar dari sendi pergelangan kaki.
B.      Strain ( regangan )
Regangan adalah cedera pada otot atau tendon. Otot memindahkan kerangka Anda dalam berbagai cara yang menakjubkan. Ketika kontrak otot itu menarik pada tendon, yang pada gilirannya terhubung ke tulang Anda. Otot yang dibuat untuk meregangkan, tetapi jika diregangkan terlalu jauh, atau jika diregangkan sementara kontraktor, cedera yang disebut strain hasil saya. Strain A dapat menjadi peregangan atau air mata dari otot atau tendon.
Apa yang menyebabkan keseleo?
Seperti dikatakan sebelumnya, keseleo disebabkan oleh ligamentum diregangkan terlalu jauh. Sebuah keseleo umum adalah cedera yang sering kita sebut 'pergelangan kaki terkilir. "Cedera ini sering terjadi dalam kegiatan seperti berjalan, hiking, dan basket. Orang akan jatuh atau menginjak permukaan yang tidak rata (dalam basket ini sering kaki pemain lain) dan roll kaki mereka ke dalam. Ini meregangkan ligamen di bagian luar pergelangan kaki, yang disebut ligamen talofibular dan calcaenofibular. Terkilir umumnya dinilai sesuai dengan tingkat cedera. Grade I dan Grade II keseleo pergelangan kaki biasanya dapat diobati secara konservatif dengan terapi seperti icing dan terapi fisik. Tingkat III keseleo pergelangan kaki dapat menempatkan individu pada risiko tinggi untuk ketidakstabilan pergelangan kaki permanen, dan operasi mungkin merupakan bagian penting dari pengobatan.
Apa yang menyebabkan ketegangan?
Strain adalah cedera pada otot atau tendon yang melekat otot untuk tulang Anda. Dengan menarik terlalu jauh pada otot, atau dengan menarik otot dalam satu arah ketika sedang tertular (disebut 'kontraksi eksentrik') ke arah lain dapat menyebabkan cedera dalam otot atau tendon. Strain juga bisa disebabkan oleh kegiatan kronis yang mengembangkan peregangan berlebihan.

C.      Knee injuries ( cidera lutut )
Banyak atlet mengalami cedera pada ligamen lutut mereka. Dari empat ligamen utama yang ditemukan di lutut, ligamentum anterior (ACL) dan ligamentum kolateral medial (MCL) sering terluka dalam olahraga. Ligamentum cruciatum posterior (PCL) juga dapat terluka.
1. ACL cedera
Mengubah arah dengan cepat, melambat ketika menjalankan, dan arahan dari melompat dapat menyebabkan air mata dalam ACL. Atlet yang berpartisipasi dalam ski dan basket, dan atlet yang memakai cleat, seperti pemain sepak bola, rentan terhadap cedera. ACL.
2. MCL cedera
Cedera pada MCL biasanya disebabkan oleh pukulan langsung ke bagian luar lutut. Jenis cedera sering terjadi dalam olahraga kontak, seperti sepak bola atau sepak bola.
3. PCL cedera
PCL ini sering cedera ketika seorang atlet menerima pukulan ke bagian depan lutut atau membuat kesalahan sederhana di lapangan bermain.
4. Robek tulang rawan
Ketika orang berbicara tentang tulang rawan lutut robek, mereka biasanya mengacu pada robek meniskus. Mensicus adalah tulang rawan, sulit karet yang melekat pada ligamen lutut itu. Meniskus bertindak seperti shock absorber. Dalam kegiatan atletik, air mata di meniskus dapat terjadi ketika memutar, memotong, berputar, memperlambat, atau sedang ditangani. Kontak langsung sering terlibat.
D.      Compartment syndrome
Sindrom kompartemen adalah suatu kondisi menyakitkan yang terjadi ketika tekanan di dalam otot-otot membangun ke tingkat berbahaya. Tekanan ini dapat menurunkan aliran darah, yang mencegah makanan dan oksigen dari saraf mencapai dan sel otot.
Sindrom kompartemen dapat berupa akut atau kronis. Sindrom kompartemen akut adalah keadaan darurat medis. Hal ini biasanya disebabkan oleh cedera parah. Tanpa pengobatan, dapat menyebabkan kerusakan otot yang permanen. Kompartemen sindrom kronis, juga dikenal sebagai sindrom kompartemen exertional, biasanya bukan keadaan darurat medis. Hal ini paling sering disebabkan oleh aktivitas atletik.
E.       Shint splint
Shin splints mengacu pada rasa sakit di bagian depan kaki bagian bawah. Rasa sakit terletak di sepanjang tepi bagian dalam tibia, tulang besar di bagian bawah kaki. Nyeri paling sering terjadi selama atau setelah perubahan tingkat aktivitas, seperti berlari lebih sering atau meningkatkan jumlah mil. Meskipun shin splints istilah sering digunakan, bukan merupakan diagnosis medis yang jelas. Rasa sakit shin splints disebabkan oleh pembengkakan atau peradangan pada otot, tendon, dan lapisan tipis jaringan yang menutupi tulang tulang kering.
Penyebab umum adalah berlebihan dari kegiatan terlalu banyak atau pelatihan, dan kemudian tidak cukup waktu untuk memungkinkan jaringan untuk menyembuhkan atau memulihkan. Seringkali perubahan mendadak dalam aktivitas mungkin menjadi penyebab, seperti: aerobik menari, militer pelatihan.dan lainnya. Kaki rata atau lengkung yang sangat kaku dapat menempatkan tekanan pada kaki bagian bawah dan juga menyebabkan shin splints. Penyebab lain dari nyeri pada tulang kering yaitu dindrom kompartemen anterior kronis mempengaruhi bagian luar bagian depan kaki. Hal ini dapat menyebabkan mati rasa dan kecanggungan kaki saat latihan.
F.       Achilles tendon injuries
Cedera Tendon Achilles adalah salah satu cedera olahraga yang lebih serius, untuk atlet profesional dan amatir sama. Tendon Achilles adalah salah satu tendon lebih lama dalam tubuh Anda, yang membentang dari tulang tumit ke otot betis Anda. Anda bisa merasakannya - sebuah band kenyal jaringan di bagian belakang pergelangan kaki dan di atas tumit. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperpanjang kaki Anda dan arahkan jari kaki ke lantai.
Gejala cedera tendon Achilles adalah:
Nyeri di sepanjang bagian belakang kaki Anda dan di atas tumit, terutama ketika peregangan pergelangan kaki atau berdiri di jari kaki. Nyeri mungkin ringan dan memburuk secara bertahap, dalam kasus radang tendon. Atau bisa mendadak dan berat dengan pecah, pembengkakan, kekakuan, mendengar suara, gertakan bermunculan selama cedera, dan kesulitan meregangkan kaki Anda atau menunjuk jari kaki (menangis lengkap tendon).



G.     Fractures  ( patah tulang )
Fraktur atau patah tulang terjadi karena area tulang tidak dapat mendukung energi ditempatkan di atasnya (cukup jelas, tetapi menjadi lebih rumit). Oleh karena itu, ada dua faktor penting dalam menentukan mengapa patah tulang terjadi:
1.       Energy
Energi yang dapat menjadi akut, energi tinggi (tabrakan mobil misalnya), atau kronis, rendah energi (misalnya fraktur stres).
2.       Kekuatan tulang
Kekuatan tulang dapat menjadi normal atau menurun (misalnya osteoporosis). Sebuah masalah yang sangat sederhana, patah tulang, hanya menjadi jauh lebih rumit!
Fraktur Ekstremitas yang paling umum, dan biasanya terjadi pada pria muda dari usia 45, dan kemudian menjadi lebih umum pada wanita di atas usia 45. Alasan untuk perbedaan adalah ketika wanita mengalami menopause, dan berhenti memproduksi estrogen, laju peningkatan keropos tulang. Inilah sebabnya mengapa wanita sangat rentan terhadap patah tulang osteoporosis dan berikutnya. Fraktur yang paling umum sebelum usia 75 adalah patah tulang pergelangan tangan. Pada usia lebih dari 75, patah tulang pinggul menjadi patah tulang yang paling umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar